Sabtu, 29 Maret 2008

Resensi Buku Keren


Rahasia Bisnis Orang Jepang
( Ann Wan Seng )
Harga: Rp.46.000


Jumlah Halaman : 336 halaman
Penerbit : Hikmah
Harga : Rp 46000.00
ISBN : 979-114-028-6

Setelah bom atom Amerika menghunjam jantung kota Jepang tahun 1945, semua pakar ekomomi saat itu memastikan Jepang akan segera mengalami kebangkrutan. Namun, dalam kurun waktu kurang dari 20 tahun, Jepang ternyata mampu bangkit dan bahkan menyaingi ekonomi negara yang menyerangnya. Terbukti, pendapatan tahunan negara Jepang bersaing ketat di belakang Amerika Serikat. Apalagi di bidang teknologi, Jepang menjelma menjadi raksasa di atas negara-negara besar dan berkuasa lainnya. Dengan segala kekurangan secara fisik, tidak fasih berbahasa Inggris, kekurangan sumber tenaga kerja dan selalu terancam bencana alam rupanya tidak menghalangi mereka menjadi bangsa yang dihormati dunia.

Ann Wan Seng menyingkap gaya hidup, gaya bekerja, semangat kerja pasukan dan prinsip orang Jepang yang membuahkan hasil mengagumkan di perekonomian negaranya. Buku ini tak hanya memberi Anda teknik dan rahasia orang Jepang tetapi juga inspirasi agar Anda mau berubah.





Laskar Pelangi 3 buku / paket
( Bentang Pustaka )
Price: Rp.140.000

Begitu banyak hal menakjubkan yang terjadi dalam masa kecil para anggota Laskar Pelangi. Sebelas orang anak Melayu Belitong yang luar biasa ini tak menyerah walau keadaan tak bersimpati pada mereka. Tengoklah Lintang, seorang kuli kopra cilik yang genius dan dengan senang hati bersepeda 80 kilometer pulang pergi untuk memuaskan dahaganya akan ilmu—bahkan terkadang hanya untuk menyanyikan Padamu Negeri di akhir jam sekolah. Atau Mahar, seorang pesuruh tukang parut kelapa sekaligus seniman dadakan yang imajinatif, tak logis, kreatif, dan sering diremehkan sahabat-sahabatnya, namun berhasil mengangkat derajat sekolah kampung mereka dalam karnaval 17 Agustus. Dan juga sembilan orang Laskar Pelangi lain yang begitu bersemangat dalam menjalani hidup dan berjuang meraih cita-cita. Selami ironisnya kehidupan mereka, kejujuran pemikiran mereka, indahnya petualangan mereka, dan temukan diri Anda tertawa, menangis, dan tersentuh saat membaca setiap lembarnya. Buku ini dipersembahkan buat mereka yang meyakini the magic of childhood memories, dan khususnya juga buat siapa saja yang masih meyakini adanya pintu keajaiban lain untuk mengubah dunia: pendidikan.

Sang Pemimpi adalah sebuah lantunan kisah kehidupan yang memesona dan akan membuat Anda percaya akan tenaga cinta, percaya pada kekuatan mimpi dan pengorbanan, lebih dari itu, akan membuat Anda percaya kepada Tuhan. Andrea akan membawa Anda berkelana menerobos sudut-sudut pemikiran di mana Anda akan menemukan pandangan yang berbeda tentang nasib, tantangan intelektualitas, dan kegembiraan yang meluap-luap, sekaligus kesedihan yang mengharu biru.

Tampak komikal pada awalnya, selayaknya kenakalan remaja biasa, tapi kemudian tanpa Anda sadari, kisah dan karakter-karakter dalam buku ini lambat laun menguasai Anda. Karena potret-potret kecil yang menawan akan menghentakkan Anda pada rasa humor yang halus namun memiliki efek filosofis yang meresonansi. Karena arti perjuangan hidup dalam kemiskinan yang membelit dan cita-cita yang gagah berani dalam kisah dua orang tokoh utama buku ini: Arai dan Ikal akan menuntun Anda dengan semacam keanggunan dan daya tarik agar Anda dapat melihat ke dalam diri sendiri dengan penuh pengharapan, agar Anda menolak semua keputusasaan dan ketakberdayaan Anda sendiri.

“Kita tak kan pernah mendahului nasib!” teriak Arai.

“Kita akan sekolah ke Prancis, menjelajahi Eropa sampai ke Afrika! Apa pun yang terjadi!”

Novel ketiga dari tetralogi Laskar Pelangi ini bercerita tentang petualangan Ikal dan Arai di Eropa. Setelah berhasil memperoleh beasiswa ke Prancis, Ikal dan Arai, mengalami banyak kejadian yang orang biasa sebut sebagai kejutan budaya. Banyak kebiasaan dan peradaban Eropa yang berlainan sama sekali dengan peradaban yang selama ini mereka pahami sebagai orang Indonesia, khususnya Melayu.

Di dalam buku ini juga Ikal dan Arai kembali menuai karma akibat kenakalan-kenalan yang pernah mereka lakukan semasa kecil dan remaja dulu. Pembaca akan dibawa ke dalam petualangan mereka menyusuri Eropa dengan berbagai pengalaman yang mencengangkan, mencekam, membuat terbahak, sekaligus berurai air mata.

Aku ingin mendaki puncak tantangan, menerjang batu granit kesulitan, menggoda mara bahaya, dan memecahkan misteri dengan sains. Aku ingin menghirup berupa-rupa pengalaman lalu terjun bebas menyelami labirin lika-liku hidup yang ujungnya tak dapat disangka. Aku mendamba kehidupan dengan kemungkinan-kemungkinan yang bereaksi satu sama lain seperti benturan molekul uranium: meletup tak terduga-duga, menyerap, mengikat, mengganda, berkembang, terurai, dan berpencar ke arah yang mengejutkan. Aku ingin ke tempat-tempat yang jauh, menjumpai beragam bahasa dan orang-orang asing. Aku ingin berkelana, menemukan arahku dengan membaca bintang gemintang. Aku ingin mengarungi padang dan gurun-gurun, ingin melepuh terbakar matahari, limbung dihantam angin, dan menciut dicengkeram dingin. Aku ingin kehidupan yang menggetarkan, penuh dengan penaklukan. Aku ingin hidup! Ingin merasakan sari pati hidup!




Di Atas Sajadah Cinta
Penulis : Habiburrahman El Shirazy
ISBN : 979-3210-71-0
Ukuran : 20.5 x 13.5 cm
Harga : Rp. 37.000,00

Sebuah usaha yang genial untuk menghimpunkan kisah-kisah yang bermuatan nilai Alqur'an dan As-sunnah dalam bahasa fiksi, bahasa kehidupan sehari-hari, yang dengan itu orang tidak lagi merasa rumit belajar dan mengamalkan Islam. Demikianlah, Habiburrahman telah menghimpunnya untuk Anda dengan bahasa yang indah dan menyentuh hati. Semoga kisah-kisah ini menggerakkan Anda menuju kebaikan selalu. ( Izzatul Jannah, Penggiat Forum Lingkar Pena )


Tuntunan Shalat Khusyu'
Penulis : Ust. Abu Sangkan
Harga : Rp. 50.000

Telah banyak beredar buku mengenai shalat khusyu', tapi buku ini memiliki keistimewaan tersendiri. Tidak hanya sekadar memaparkan hukum dan teori mengenai shalat khusyu', buku ini juga menjelaskan langkah-langkah konkrityang dapat dilakukan sendiri pembacanya agar dapat mencapai solat khusyu'. Methoda yang digunakan telah dipraktekkan oleh ribuan orang yang telah mengikuti ceramah dan pelatihan solat khusyu' yang diadakan penulisnya.
Baca dan temui cara menikmati kelazatan hidangan Allah berupa shalat khusyu' sebagaimana yang telah dinikmati saudara-saudara kita dibawah ini. Insya Allah.

KH.Muhammad Arifin Ilham.Pimpinan Majelis Az-Zikra
Sholat yang khusyu' akan melahirkan akhlak yang mulya buah dari kekhusyu'an. Buku akhifillah Abu Sangkan ini menghantarkan pengetahuan menuju kekhusyu'an.

Prof. Dr. Komaruddin Hidayat. Guru Besar UIN Jakarta Ketua Panwaslu Pusat
Buku ini menyajikan butir-butir yang sangat mendasar dan inspiring mengenai shalat.

Dr.Marwah Daud Ibrahim. Dewan Pakar ICMI
Tidaklah berlebihan jika saya katakan buku ini adalah salah satu buku paling penting dalam hidup saya dan juga bagi jutaan umat Islam lainnya.

Harisman.Direktur Pengembangan Perbankan Syariah-Bank Indonesia
Sepantasnyalah ucapan selamat dan sukses mengalir bagi penulis buku ini yang begitu indah mengalir memaparkan methode, kiat dan cara praktis menjalankan shalat secara khusyu' yang berguna bagi semua kalangan.

Ateng Kusnadi. Presiden Direktur AHAD-Net Internasional
Buku-buku Abu Sangkan menjadi salah satu buku wajib umat Islam untuk mendapatkan kualitas shalat yang kita butuhkan.

Dr.Ir.Bima Haria Wibisana.Direktur Aparatur Negara-Bappenas
Ada keraguan, ada sedikit ketidakpercayaan, dan akhirnya sebuah keterpanaan. Pencarian berpuluh-puluh tahun untuk melihat "Wajah-Nya" dan hanya "Wajah-Nya" di saat bibir saya mengucap Allahu Akbar tergapai sudah.

Dr.Ir.Ahmad Nawawi, MAg. Sekretaris Umum MUI Kota Depok.
Insya Allah buku ini akan menyajikan resep betapa nikmatnya shalat itu dengan banyak manfaat yang diperoleh.


Kunci untuk memahami orang lain terletak pada kemampuan memahami diri sendiri
Masing-masing pernyataan berikut ini adalah berhubungan dengan empat tipe kepribadian dasar : Melankolis, Phlegmatis, Sanguinis, dan Koleris. Mana yang paling banyak berkaitan dengan Anda?
Apakah di rumah atau di tempat kerja, saya terorganisasi dengan baik dan menjaga segala-galanya agar berada di tempat yang semestinya.
Sulit sekali bagi saya untuk menyatakan rasa penuh gairah, bahkan tentang sesuatu yang benar-benar penting bagi saya.
Kalau berbelanja di pusat pertokoan, tidak jarang saya melupakan di mana saya memarkir mobil.
Saya merasa kesal kalau karyawan saya tidak mengikuti perintah saya setepat-tepatnya.
Dalam buku Kepribadian Plus (Personality Plus) yang sudah direvisi dan diperluas ini, Florence Littauer mendasarkan tulisannya pada penemuan mutakhir di bidang pengembangan kepribadian supaya bisa memberi Anda wawasan yang berharga untuk menghargai satu jenis kepribadian anugerah Tuhan. Dia memasukkan tes Profil Kepribadian yang menyenangkan dan membeberkan kenyataan dan akan membantu Anda mempelajari bagaimana campuran perilaku Anda yang unik akan mempengaruhi emosi , unjuk kerja, dan hubungan Anda. Melalui banyak anekdot yang humoris dan penyuluhan langsung, pengarang membantu kelemahan Anda.

Buku yang menarik ini juga memberikan kunci untuk memahami semua orang di sekeliling Anda. Anda akan belajar bagaimana caranya menerima dan bahkan menikmati—ciri khas yang membuat kita masing-masing begitu berbeda. Kepribadian Plus merupakan alat yang Anda perlukan untuk mengubah kehidupan Anda—dan kehidupan mereka yang Anda sayangi—menjadi lebih baik.

Florence Littauer dan suaminya, Fred, melangsungkan seminar perkawinan bersama-sama. Florence mengajarkan “ Kepribadian Plus� dalam konferensi dan rapat di seluruh amerika Serikat. Florence dan putrinya marita bersama-sama mengarang buku Teka-teki Kepribadian.


Judul : Misteri Shalat Subuh – Menyingkap 1001 hikmah shalat subuh bagi pribadi
dan masyarakat
Penulis : DR.Raghib Al Sirjani

Dibalik pelaksanaan dua rekaat di ambang fajar, tersimpan rahasia yang menakjubkan. Banyak permasalahan yang, bila dirunut, bersumber dari pelaksanaan shalat Subuh yang disepelekan. Itulah sebabnya, para sahabat Nabi berusaha sekuat tenaga agar tidak kehilangan waktu emas itu. Pernah suatu ketika mereka terlambat shalat Subuh dalam penaklukan benteng Tastar. "Tragedi" ini membuat sahabat semisal Anas bin Malik selalu menangis bila mengenangnya.

Yang menarik, Subuh ternyata juga menjadi waktu peralihan dari era jahiliyah menuju era tauhid. Kaum ‘Ad, Tsamud dan kaum pendurhaka lainnya, dilibas petaka pada waktu Subuh – yang menandai berakhirnya dominasi jahiliyah dan munculnya cahaya tauhid.

Buku ini mencoba menganalisis bahwa keterpurukan umat Islam dewasa ini, tak lepas dari akibat diremehkannya shalat Subuh. Bagaimana alur logikanya? DR. Raghib As-Sirjani mengulasnya tuntas dalam buku ini. Keluasan wawasan sang penulis, ditambah kedalaman pengetahuannya akan nash-nash syar’i, menyadarkan kepada kita ihwal keistimewaan shalat Subuh yang selama ini kurang banyak dimengerti oleh umat Islam. Tak lupa, beliau tuliskan tips-tips praktis agar mudah melaksanakan shalat Subuh.


Tidak ada komentar: